Menu Close

5 Tips Memilih Breast Pad Sesuai Kebutuhan

breast pad mooimom

Kebutuhan utama pemakaian breast pad memang untuk menghindari ASI menembus pakaian, terutama saat beraktivitas di ruang publik. Pasti tidak nyaman jika baju yang Anda kenakan basah tepat di bagian payudara. Rasa tidak nyaman tidak hanya disebabkan oleh lembap yang dirasakan tapi juga karena orang-orang sekitar akan menatap Anda dengan tatapan kurang menyenangkan. 

Breast pad memang alat pelindung kebocoran ASI. Cukup letakkan di antara bra dan puting untuk membuatnya bekerja. Breast pad sendiri bisa terbuat dari kain atau bahan komposit. Selain itu, setiap breast pad memiliki kecenderungan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat memilih breast pad Anda perlu teliti dan menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Berikut adalah tips dalam memilih breast pad yang Anda butuhkan: 

1. Pilih bahan yang tepat 

Hal pertama yang Anda perlu lakukan dalam memilih breast pad adalah bahannya. Ini adalah yang utama karena akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat memakainya. 

Pastikan breast pad yang Anda pilih memiliki bahan yang lembut. Hindari breast pad yang sepenuhnya terbuat dari plastik karena dapat membuat payudara dan puting Anda tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik atau tidak “bernapas”.

2. Sesuaikan dengan ukuran payudara 

Breast pad yang bekerja dengan baik adalah yang sesuai dengan ukuran payudara Anda. Dimana breast pad mampu menutupi puting secara penuh namun tidak terlalu besar sampai menyembul ke luar bra. Breast pad dengan ukuran yang tepat dan tidak kekecilan tidak hanya akan menampung ASI Anda dengan maksimal tapi juga mengurangi pergeseran posisi dari breast pad itu sendiri. 

3. Pilih jenis breast pad yang kamu suka 

Breast pad terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan dari bahan pembuatnya. Ada breast pad sekali pakai (disposable breast pad) yang bisa langsung kamu buang setelah memakainya tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu. Akan tetapi, ini bisa menguras pengeluaran Anda karena harus terus membeli setiap kali ingin menggunakannya. Kekurangan lain dari disposable breast pad adalah ia sering menempel pada puting sehingga sulit dilepaskan dan sering membuat nyeri. 

Ada breast pad kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali (washable breast pad). Breast pad yang satu ini ramah lingkungan dan hemat biaya tapi cukup menguras tenaga saat mencucinya harus sebersih mungkin untuk menghindari timbulnya bau tak sedap atau tumbuhnya jamur. 

Ada juga breast yang terbuat dari silikon yang terasa sangat nyaman karena terasa seperti kulit kedua. Hanya saja daya serapnya sangat kurang. 

Setiap jenis breast pad memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun kemampuan finansial Anda. 

4. Sesuaikan dengan program ASI eksklusif Anda 

Umumnya, kebocoran ASI terjadi karena produksi ASI dalam jumlah besar. Biasanya terjadi di beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Selain itu, kebocoran ASI juga bisa disebabkan oleh penundaan waktu menyusui sehingga ASI yang diproduksi sudah terlalu banyak hingga terus keluar dan merembes ke bra dan pakaian. Dengan mengetahui penyebab kebocoran ASI tersebut, Anda bisa menyesuaikan breast pad sesuai dengan program ASI eksklusif yang ingin Anda lakukan. 

Jika Anda ingin melakukannya secara intensif dalam kurun waktu lebih dari enam bulan, washable breast pad bisa jadi pilihan terbaik karena mampu bertahan lama dan tidak menguras biaya. Namun, jika Anda tidak berencana demikian mungkin disposable breast pad bisa jadi opsi lainnya. 

5. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Ada banyak macam breast pad yang memiliki bahan dan fungsi yang berbeda. Perbedaan tiap macamnya ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki konsen terhadap lingkungan selain ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan washable breast pad yang terbuat dari kain. 

Sementara jika Anda sedang perjalanan jauh, Anda tentunya tidak ingin kerepotan di jalan untuk mencuci breast pad, kan? Disposable breast pad merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda pilih karena menawarkan kepraktisan. 

Jika Anda perlu menghadiri sebuah pesta yang menuntut Anda menggunakan gaun atau baju pesta berbahan tipis, Anda cukup menggunakan silikon. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan ketika Anda ingin berenang atau melakukan olahraga air lainnya. 

Demikianlah tips memilih breast pad sesuai kebutuhan yang bisa Anda aplikasikan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain mengenai program menyusui atau ASI eksklusif, Anda bisa menanyakannya langsung kepada dokter spesialis kandungan melalui aplikasi kesehatan keluarga, Sehat Q. Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store maupun App Store! 

Anda juga bisa mendapatkan breast pad sesuai kebutuhan dengan mudah melalui Toko SehatQ. Bebas ongkir, lho!

Sumber: 

https://www.haibunda.com/menyusui/20200705095405-54-149890/5-cara-tepat-memilih-breast-pad-sesuai-kebutuhan-bunda
https://review.bukalapak.com/mom/dear-ibu-menyusui-ini-5-tips-memilih-breast-pad-yang-tepat-29134

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *