Menu Close

5 Tips Merawat Raket Tenis Agar Tahan Lama

Dalam permainan tenis, raket menjadi salah satu perlengkapan penting yang harus Anda bawa. Tanpa raket, Anda tidak bisa ikut bermain. Jadi, pastikan Anda sudah membawa raket tenis sebelum berangkat ke lapangan.

Setelah bermain tenis pun, Anda harus segera membersihkannya agar tidak ada keringat atau kotoran yang menempel. Selain itu, raket tenis yang tidak dirawat akan cepat rusak. 

Oleh karena itu, penting untuk merawat raket tenis Anda. Tenang saja, perawatannya tidak sulit, kok. Dengan melakukan 5 tips berikut ini, raket tenis Anda bisa awet dan tidak mudah rusak.

  1. Simpan Raket di Suhu yang Tepat

Hindari menyimpan raket pada suhu yang hangat atau panas seperti di bagasi mobil, pesawat, atau lainnya karena dapat membuat raket dan senarnya rusak, terutama raket yang terbuat dari grafit. 

Suhu yang terlalu panas akan membuat senar mudah meleleh, mengubah bentuk raket, dan merusak pegangan raket sehingga akan mempengaruhi performa permainan Anda di lapangan. Sebaliknya, hindari pula menyimpan raket pada suhu yang dingin atau lembab. Suhu yang dingin dapat menyebabkan senar menjadi lebih rapuh dan putus. Simpanlah raket tenis pada suhu ruangan yaitu sekitar 20-25 derajat celcius. 

  1. Ganti Senar yang Sudah Lama

Senar pada raket tenis menjadi salah satu faktor yang menentukan performa Anda ketika bermain tenis di lapangan. Oleh karena itu, penting untuk merawat senar raket yakni  dengan mengganti senar yang sudah lama secara rutin. Cukup ganti senar 3 kali dalam setahun atau sesuaikan dengan seberapa sering Anda menggunakan raket dalam satu minggu, misalnya dalam satu minggu Anda menggunakan raket sebanyak 3 kali artinya Anda harus mengganti senar raket 3 kali dalam satu tahun.

  1. Rutin Mengganti Pegangan (Grip) Raket 

Tips merawat raket tenis berikutnya yaitu rutin mengganti pegangan raket. Banyak pemain mengabaikan pentingnya mengganti pegangan raket. Pegangan yang tidak diganti dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat bermain seperti pegal pada pergelangan tangan, lengan, dan bahu akibat harus mencengkram raket  kuat-kuat agar tidak mudah tergelincir. Selain itu, pegangan raket yang tidak diganti juga dapat menghambat Anda dalam melakukan gerakan dan teknik dalam bermain tenis. 

Oleh karena itu, penting untuk mengganti pegangan raket secara rutin. Gantilah setiap 1-3 kali dalam setahun. Dengan rutin mengganti pegangan raket, permainan tenis Anda akan semakin bagus dan terhindar dari pegal ataupun cedera pada bagian tangan saat bermain.

  1. Gunakan Raket Tenis dengan Baik

Apakah Anda sering melihat pemain yang membawa bola atau barang berat lainnya dengan menggunakan raket? Atau Anda pernah melakukannya? Mulai sekarang, Anda harus berhenti melakukan itu karena dapat membuat raket jadi lebih cepat rusak sehingga mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya untuk melakukan perbaikan atau membeli yang baru. Gunakan raket hanya untuk bermain tenis saja.

  1. Jaga Kebersihan Raket

Tips terakhir adalah jaga kebersihan raket. Bersihkan raket setiap Anda selesai menggunakannya. Pastikan tidak ada keringat atau kotoran yang menempel, kemudian gantung raket di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. 

Cara membersihkan raket tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang mengandung citrus atau mencampurkan air dan baking soda. Beberapa orang ada yang menggunakan rubbing alcohol, namun cara ini dinilai bisa merusak cat pada raket. 

Itulah 5 tips merawat raket tenis kesayangan Anda, mudah bukan? Raket yang dirawat dengan baik dijamin pasti lebih tahan lama. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *