Menu Close

Beginilah Cara Menggunakan Scrub Badan Yang Benar!

srub badan

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit mulus dan sehat, cobalah untuk menggunakan scrub badan secara rutin. Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, agar kulit Anda tidak kusam. Tanpa scrubbing yang rutin, kotoran dapat menumpuk pada kulit sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri.

Scrub badan adalah salah satu bentuk perawatan eksfoliasi. Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dari luar sekaligus mengeluarkan debu dan kotoran yang mungkin terjebak dalam pori-pori. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih sehat.

Selain membuat kulit terlihat lebih sehat, scrub badan juga bisa membantu melawan penuaan dini. Seiring dengan bertambahnya usia, proses pergantian sel akan semakin melambat dan kulit akan mulai terlihat kusam.

Bagi Anda yang kerap menggunakan pelembap atau krim tubuh tertentu, manfaat body scrub dapat membantu proses penyerapan kandungannya ke dalam kulit secara optimal.

Adapun beberapa cara menggunakan body scrub yang tepat adalah sebagai berikut.

  1. Mandi air hangat

Cara menggunakan body scrub adalah dengan mandi air hangat terlebih dahulu. Mandi air hangat dapat membantu membuka proi – pori kulit sehingga proses eksfoliasi kulit dapat berjalan maksimal. Mandi menggunakan air hangat dan sabun sekaligus membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menempel di tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar tidak mandi air hangat dalam waktu yang lama karena bisa membuat kulit menjadi kering.

  1. Pastikan tangan dalam kondisi bersih

Setelah tubuh sudah dibersihkan, cara menggunakan body scrub yang paling penting adalah memastikan tangan dalam kondisi bersih. Pasalnya, manfaat body scrub akan berjalan maksimal apabila Anda menggunakan tangan saat proses pengaplikasiannya.

  1. Gunakan body scrub

Cara menggunakan body scrub adalah dengan mengambil secukupnya menggunakan tangan atau spatula khusus. Kemudian, oleskan pada permukaan kulit tubuh yang masih basah. Oles dan gosokkan area seluruh tubuh, termasuk leher, lengan, dada, punggung, hingga kaki.

  1. Pijat area tubuh

Cara menggunakan body scrub yang benar juga perlu diiringi dengan aktivitas pijatan. Pijat area tubuh secara perlahan mulai dari kaki sampai tubuh bagian atas dengan gerakan memutar selama 5-10 menit. Memijat tubuh dapat membantu menenangkan kulit, terutama bila Anda sedang lelah atau stres akibat rutinitas sehari-hari.

  1. Bilas tubuh

Setelah cara menggunakan body scrub yang tepat dilakukan, Anda bisa membilas tubuh dengan air dingin. Bilas tubuh sampai bersih sehingga tidak ada sisa-sisa partikel scrub yang menempel pada kulit. Kemudian, keringkan tubuh menggunakan handuk bersih secara perlahan.

  1. Oleskan pelembap

Cara menggunakan body scrub dapat menghilangkan kelembapan kulit, maka Anda perlu mengembalikannya dengan mengoleskan krim pelembap khusus tubuh atau body lotion. Pilihlah krim pelembap sesuai jenis kulit Anda, lalu oleskan pada seluruh permukaan kulit tubuh.

American Academy of Dermatology menyarankan agar penggunaan pelembap tubuh dilakukan sesegera mungkin, paling lama 5 menit setelah mandi, agar kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Dibandingkan kulit wajah, daya tahan kulit tubuh tergolong cukup kuat sehingga Anda bisa melakukan scrubbing lebih sering di seluruh badan. Bahkan para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan perawatan ini setidaknya 2 – 3 kali dalam seminggu.

Anda tetap tidak boleh terlalu sering scrubbing bila Anda memiliki kulit sensitif. Anda pun tidak perlu menggosok tubuh terlalu keras agar sel kulit mati rontok. Cukup lakukan dengan lembut, tapi hasilnya bersih menyeluruh.

Jika Anda menggosok tubuh terlalu keras, Anda bisa secara tidak sengaja mengikis lapisan kulit yang masih sehat. Bila kulit berubah kemerahan (terjadi ruam kulit) atau terasa perih setelah melakukan scrub badan, itu tandanya Anda perlu mengurangi tekanan saat menggosok tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *