Menu Close

Bromhexine Dalam Bisolvon Kids, Apa Zat Ini?

Bisolvon Kids adalah sirup obat batuk untuk yang dapat meredakan gejala batuk berdahak. Zat aktif dalam obat tersebut adalah bromhexine HCL, yang mana biasa digunakan untuk mengatasi gejala pada kondisi di mana terdapat banyak lendir atau dahak tebal di saluran udara. Sebagai sebuah mucolytic, zat aktif ini dapat membantu meredakan batuk produktif dengan cara menipiskan lendir di saluran udara dan memfasilitasi pembersihan dahak dari dalam tubuh. 

Bisolvon Kids Sirup Rasa Strawberry - 125 mL harga terbaik 40033

Bisolvon Kids mengandung zat aktif ini, dan sangat direkomendasikan sebelum penggunaan untuk mengocok botol terlebih dahulu. Karena Bisolvon Kids hadir dengan rasa buah stroberi, lebih mudah untuk para orang tua dalam memberikan obat ini saat batuk berdahak menyerang mereka. Sirup Bisolvon Kids merupakan sebuah obat batuk berdahak yang masuk ke dalam golongan obat bebas terbatas, dalam arti penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk atau instruksi yang ada dalam kemasan obat dan/atau sesuai dengan anjuran dan rekomendasi dari dokter. 

Efek samping dan kontraindikasi

Sebelum menggunakan obat apapun yang mengandung bromhexine HCL, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal berikut ini. Saran medis harus dicari sebelum menggunakan bromhexine HCL jika anak Anda memiliki kondisi berikut ini, seperti:

  • Menderita adanya gejala infeksi paru-paru, seperti kesulitan bernapas saat beristirahat, demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celcius, dan lendir yang dikeluarkan anak memiliki warna kemerahan karena bercampur dengan darah.
  • Sistem kekebalan tubuh yang rendah yang disebabkan karena kondisi kesehatan lain, seperti HIV atau pengobatan seperti chemotherapy dan obat sistem kekebalan tubuh. 
  • Kondisi paru yang diderita, seperti gangguan paru obstruktif atau asma parah yang tidak terkontrol
  • Gastric ulcer
  • Gangguan hati ataupun ginjal

Obat-obatan yang mengandung bromhexine HCL juga perlu dihindari apabila ada riwayat alergi terhadap bromhexine ataupun bahan-bahan lain yang ada dalam suatu obat batuk. Bromhexine juga dapat menyebabkan efek samping tertentu, seperti diare, pusing, sakit kepala, gangguan pencernaan, mual, berkeringat, dan ruam kulit. 

Penting untuk diingat bahwa batuk merupakan hal yang lazim dijumpai terjadi pada anak, terutama saat mereka berusia preschool. Penyebab batuk di antaranya adalah demam, infeksi dada, dan asma. Asap rokok di sekitar mereka biasanya menjadi penyebab utama batuk. Penting untuk diingat bahwa batuk apapun yang terus menerus terjadi selama lebih dari 4 minggu bukanlah suatu kondisi yang normal, dan dapat mengindikasikan adanya kondisi yang lebih serius seperti penyakit dada. Anda juga perlu mencari bantuan dokter anak apabila anak memiliki batuk dan demam, kesulitan bernapas, dan batuk yang diderita telah terjadi selama lebih dari 4 minggu. 

Batuk yang berhubungan dengan asma biasanya bersifat kering atau tidak memproduksi dahak, dan terjadi pada malam hari atau pada pagi hari. Batuk yang disebabkan karena asma biasanya ditemani dengan gejala lain, seperti mengi dan alergi. Di sisi lain, batuk yang disertai dengan produksi dahak umumnya disebabkan karena infeksi, dan Bisolvon Kids atau obat batuk lain yang mengandung bromhexine HCL dapat mengatasi kondisi ini. Namun, apabila batuk terus menerus terjadi setelah 4 minggu bahkan setelah mendapatkan perawatan, ada kemungkinan anak menderita kondisi medis serius tertentu dan perlu mendapatkan pemeriksaan serta diagnosis dari dokter. Setelah diketahui penyebab batuk anak tersebut, dokter akan membuat rencana perawatan dan merekomendasikan perawatan yang sesuai dengan kondisi penyebab batuk yang diderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *