Menu Close

Ini Manfaat dan Dosis Konsumsi Obat Bufacaryl

Masalah pernafasan dan penyakit kulit maupun alergi memiliki banyak macam. Baik yang serius dengan gejala ekstrem maupun bersifat tidak serius. Penyebab penyakit-penyakit ini pun bermacam ada yang disebabkan oleh polutan, suhu, perubahan cuaca, virus, bakteri, jamur dan lainnya. 

Dari sekian banyak permasalahan kulit dan pernafasan, ada banyak pula obat-obatan yang digunakan untuk mengatasinya. Dari obat-obatan dengan resep dokter hingga obat alami menjadi andalannya. Dalam memilih obat pun harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan sesuai dengan anjuran dokter. Jika salah, bukannya mengobati malah justru obat-obatan menjadi ancaman. 

Salah satu obat untuk mengatasi penyakit kulit, pernafasan dan alergi adalah obat Bufacaryl. Obat berbentuk kaplet ini mampu mengobati alergi yang responsif terhadap kortikosteroid. Lantas bagaimana dosis konsumsinya? Berikut penjelasan lebih lengkap tentang obat Bufacaryl. 

Bufacaryl kaplet adalah obat untuk mengatasi alergi yang responsif terhadap kortikosteroid.

Deskripsi dan indikasi obat Bufacaryl

Bufacaryl adalah obat berbentuk kaplet dengan harga yang ekonomis. Meski demikian, bufacaryl memiliki banyak manfaat. Obat ini digunakan untuk mengatasi alergi yang responsif terhadap kortikosteroid seperti peradangan pada rongga hidung yang disebabkan karena reaksi alergi (rinitis alergi), dan biduran (urtikaria). 

Mengutip dari Tablet Wise, kapsul Bufacaryl diindikasikan untuk perawatan penyakit kulit, peradangan kulit, masalah pernapasan dan pilek, radang sendi, alergi, penyakit kulit, penyakit gastrointestinal atau penyakit pencernaan, gangguan endokrin dan peradangan mata yang menyebabkan mata kemerahan.

Perlu diketahui bahwa obat ini tidak dapat sembarang didapat karena merupakan obat keras. Oleh karena itu, harus melampirkan resep dokter untuk bisa mendapatkannya. Kandungan utama obat Bufacaryl adalah zat aktif deksametason dan deksklorfeniramin maleat. 

Siapa saja yang boleh mengonsumsi obat Bufacaryl?

Baik anak-anak maupun orang dewasa boleh mengonsumsi obat ini dan tentunya harus seizin dari dokter. Mengenai ibu hamil, untuk penggunaan obat Bufacaryl harus dikonsultasikan lebih dahulu mengenai seberapa besar manfaat dibanding dengan risikonya. Sementara itu, obat ini tidak diperkenankan untuk dikonsumsi jika Anda sedang menyusui.

Komposisi dan cara kerja obat Bufacaryl

Obat Bufacaryl mengandung Deksametason 0,5 mg dan Deksklorfeniramin maleat 2 mg, berbentuk kaplet dan dijual per 1 strip yang berisi 10 kaplet. Kandungan deksklorfeniramin adalah antihistamin. Bufacaryl bekerja dengan mengobati atau mencegah kondisi medis yang berbeda dan memblokir histamin dari tubuh. Selain histamin, zat alami tubuh lain yang turut diblokir adalah asetilkolin. Dengan memblokir asetilkolin, akan membantu mengurangi gejala seperti mata berair dan pilek. 

Sedangkan kandungan aktif lainnya, deksametason termasuk dalam golongan obat yang disebut kortikosteroid (glukokortikoid). Obat ini berfungsi mengurangi respons pertahanan alami tubuh. Selain itu, kandungan ini juga mengurangi gejala seperti pembengkakan dan reaksi tipe alergi.

Dosis konsumsi obat Bufacaryl dan aturan pakai

Dosis konsumsi obat Bufacaryl yang disarankan adalah:

  • Dewasa: 1 tablet, 4 kali sehari
  • Anak-anak: ½ tablet, 3-4 kali sehari.

Obat bufacaryl dapat dikonsumsi dengan makanan atau setelah makan. Konsumsi utuh dengan segelas air. Jika Anda melewatkan dosis yang sudah terjadwal, maka segeralah minum saat Anda mengingatnya sebelum waktu berlalu lebih banyak. Namun jika Anda melewatkannya hingga sudah akan masuk ke jadwal dosis berikutnya maka biarkan saja dan lanjutnya konsumsi dosis selanjutnya. Jangan menggandakan dosis sebelum berkonsultasi lebih dahulu pada dokter Anda.

Aturan penyimpanan

Obat Bufacaryl harus terlindung dari cahaya dan disimpan pada suhu di bawah 30° C. Jangan membekukan obat tanpa instruksi dari apoteker atau dokter. Simpanlah yang aman dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Jika bisa taruhlah di tempat obat-obatan tersendiri. 

Perhatikan tanggal kadaluarsa dan fisik obat maupun kemasannya apakah ada tanda kerusakan atau kejanggalan. Jangan mengonsumsi obat yang kadaluarsa karena selain keefektifannya tidak maksimal, juga ada risiko lain yang memungkinkan berdampak buruk pada kesehatan. 

Jangan menyiram obat ke toilet atau membuangnya ke saluran pembuangan kecuali memang sudah diinstruksikan untuk demikian. Membuang obat dengan cara ini dapat mencemari lingkungan. Untuk itu, tanyakanlah pada dokter maupun apoteker bagaimana cara membuang obat Bufacaryl dengan aman .

Obat Bufacaryl adalah obat kaplet yang tergolong dalam obat keras. Bufacaryl berguna untuk mengatasi alergi yang responsif terhadap kortikosteroid. Anda tidak dapat memperoleh obat ini dengan mudah karena harus melampirkan resep dokter dan terverifikasi. Bufacaryl hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak dengan dosis dan resep yang telah ditentukan oleh dokter. Obat ini tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Jika ada pertanyaan Anda yang lain tentang obat Bufacaryl, Anda dapat langsung menanyakannya pada dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga mendapatkan obat ini dengan jaminan keaslian dan promo menarik yang tentunya sesuai dengan resep dokter di toko SehatQ. Unduh aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *