Menu Close

Periksa Hepatitis B di Kimia Farma Cilegon

Hepatitis B adalah sebuah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). HBV adalah satu dari lima jenis virus hepatitis. Yang lain adalah hepatitis A, C, D, dan E. Masing-masing merupakan jenis virus yang berbeda, dan jenis B dan C berkemungkinan besar untuk berubah menjadi kronis. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa sekitar 3000 orang di Amerika Serikat meninggal setiap tahunnya karena komplikasi yang disebabkan oleh hepatitis B. Diperkirakan sekitar 1,4 juta orang di Amerika memiliki hepatitis B kronis. Karena penyakit ini merupakan infeksi kronis dan akut, ada baiknya Anda mendepatkan pemeriksaan screening hepatitis B di Kimia Farma Cilegon

Hepatitis B akut dapat menyebabkan gejala yang cepat muncul pada orang dewasa. Bayi yang terinfeksi sejak dilahirkan jarang mengembangkan hepatitis B akut. Hampir semua infeksi hepatitis B pada bayi dapat berubah menjadi kronis. Hepatitis B kronis berkembang dengan sangat lambat. Gejala mungkin tidak akan terlihat  kecuali komplikasi telah berkembang. Untuk itu, tes screening hepatitis B di Kimia Farma Cilegon perlu Anda lakukan. 

Apakah penyakit hepatitis B menular?

Penyakti hepatitis B sangatlah menular. Penyakit ini menyebar lewat kontak langsung dengan darah yang terinfeksi dan cairan darah tertentu lainnya. Meskipun virus ini dapat ditemukan di air liur, penyakit ini tidak menular lewat berbagai alat makan dan berciuman. Penyakit ini juga tidak menular lewat bersin, batuk, dan menyusui. Gejala hepatitis B mungkin tidak akan muncul selama 3 bulan setelah paparan terjadi dan dapat bertahan selama 2 hingga 12 minggu. Akan tetapi, Anda tetap dapat menularkan virus, bahkan apabila tidak memiliki gejala apapun. Virus hepatitis B dapat hidup di luar tubuh selama 7 hari. Kemungkinan metode penularan di antaranya adalah kontak langsung dengan darah penderita, transfer antara ibu dan bayi pada saat proses persalinan, ditusuk menggunakan jarum yang terkontaminasi, kontak intim dengan orang yang menderita HBV, sek oral, vaginal, dan anal, serta menggunakan pisau cukur atau benda pribadi yang memiliki sisa-sisa cairan yang terkontaminasi. Beberapa kelompok tertentu memiliki risiko tinggi dalam menderita infeksi HBV, seperti para petugas medis, pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria lain, orang-orang yang menggunakan obat IV, penderita penyakit hati kronis, penderita penyakit ginjal, orang-orang usia 60 tahun ke atas yang menderita diabetes, dan mereka yang bepergian ke daerah-daerah di mana infeksi HBV berada dalam jumlah yang tinggi. 

Gejala hepatitis B akut mungkin tidak akan terlihat dalam beberapa bulan. Akan tetapi, gejala yang umum dijumpai di antaranya adalah kelelahan, urin atau air seni yang berwarna gelap, nyeri otot atau persendian, hilangnya nafsu makan, demam, rasa tidak nyaman pada perut, kelemahan, dan kulit dan bagian putih mata yang berubah warna menjadi kuning. 

Gejala hepatitis B apapun perlu mendapatkan evaluasi. Anda bisa memeriksakan diri di Kimia Farma Cilegon untuk mendapatkan tes screening hepatitis B. Gejala hepatitis B akut lebih parah terjadi pada orang-orang lansia berusia di atas 60 tahun. Beritahu dokter secepatnya apabila Anda terpapar hepatitis B. Jika dideteksi sejak dini, ada kemungkinan lebih besar bagi Anda untuk terhindar dari infeksi yang lebih parah dan komplikasi yang mengancam nyawa. Hubungi Kimia Farma Cilegon untuk mendapatkan informasi seputar tes screening hepatitis B. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *